Tidak pernah ada orang yang dengan senang hati dan penuh percaya diri terbuka mengenai pengalamannya dengan wasir atau ambeien. Ini merupakan asumsiku saja sih. Berdasarkan pengalaman, aku tahu orang-orang yang pernah menderita wasir setelah aku mulai bercerita mengenai pengalamanku. Awalnya juga aku ragu-ragu untuk mengemukakan hal tersebut namun kondisiku sudah sangat mencolok, dilihat dari cara jalanku yang pincang, sangat lambat dan raut wajahku yang penuh usaha untuk menahan rasa sakit. Hampir semua orang mengira kakiku cedera, sebagian mengira pinggangku atau penyakit lainnya.

Keluarga dan teman-teman menyarankanku untuk ke dokter, aku menyadari hal itu bukanlah solusi yang buruk tetapi aku lebih memilih untuk mencoba perawatan di rumah. Aku berjanji pada diriku sendiri apabila alternatif yang aku gunakan ini berhasil maka, aku akan mempublikasikannya di blog ini demi membantu orang lain yang senasib atau sekedar ingin tahu mengenai penyakit ini.

Aku akan membahas penyebab wasirku dan aku yakin penyebab wasir ada banyak dan bisa berbeda-beda dengan orang lainnya. Namun, untuk kasusku, aku tidak menyukai proses buang air besar sehingga dengan sengaja aku menahan hingga dua hari sekali untuk meluangkan waktu buang air besar. Selain itu, aku selalu ingin mengakhiri proses tersebut dengan terburu-buru sehingga sering memaksakan diri untuk mendorong hingga proses itu bisa berakhir dengan cepat. Faktor lain yang menurutku fatal adalah pola makan atau dietku yang rendah serat. Apa itu pola makan/diet rendah serat? Memakan sayur, buah, kacang dan gandum terlalu sedikit.

Setelah mengalami pendarahan yang lebih banyak dari biasanya, ya, aku pernah mengalami wasir beberapa kali dalam hidupku namun yang lalu adalah yang terparah sehingga aku merasa peristiwa itu sebagai peringatan untuk diriku sendiri. Pilihannya bagiku adalah sembuh.

Pada dasarnya, aku orang yang suka sekali browsing jadi aku melakukan itu sebanyak-banyaknya.. Mencari tahu tentang wasir, menonton seminarnya di Youtube, menggali solusi-solusi non-medis dan lain-lain. Akhirnya, aku selalu membawa barang-barang ini untuk misi penyelamatan diri / the survival kit :

1) Vaseline petroleum jelly, sudah gak pernah lagi karena opsi #2 lebih murah

2) Jamu Ban Leng berupa minyak berwarna kuning

3) Tisu bersih

4) botol kecil dengan semprotan berisi air keran

5) pantyliner atau pembalut tipis

6) kantong plastik kecil

7) buah

Maaf kalau tulisanku kali ini terlalu panjang dan bertele-tele tetapi aku bukan seorang ahli, hanya seorang mantan penderita yang ingin berbagi cerita lengkapnya.

Kenapa Vaseline petroleum jelly? Menurutku, aku sangat beruntung karena telah iseng-iseng membeli salep (tanpa rasa panas) ini sebelum wasir… Aku baru tahu bahwa dengan mengoleskan dengan sangat perlahan dan hati-hati sebelum buang air besar dan setelah membersihkan bagian yang sakit itu bisa membantuku untuk terlihat lebih wajar dengan rasa sakit yang telah diminimalisir oleh salep itu. Mungkin, kalian lebih menyukai produk lain, tidak masalah juga. 

Jamu Ban Leng merupakan pemberian dari temanku yang hanya pernah sekali seumur hidupnya terkena wasir ringan, dia menyarankanku untuk mendorong wasir itu masuk ke tempat semula, nasehat ini sama dengan nasehat pembawa seminar di Youtube yang aku tonton. Namun, aku lebih menyukai Vaseline karena teksturnya yang bersifat lubrikan?

Tisu bersih yang selalu sedikit aku basahi dengan air keran karena penting untuk tidak membuat area yang sakit itu lebih iritasi daripada yang sudah ada. Aku tahu kadang ada kebencian yang membara terhadap area tersebut namun proses penyembuhan akan lebih cepat dengan perhatian pada kebersihannya.

Botol kecil dengan semprotan berisi air keran ini benar-benar praktis dan aku membelinya di toko aksesoris saat itu sebenarnya untuk membasahi kacamataku saja ternyata berguna juga untuk membasahi tisu bersih.

Aku merasa pantyliner atau pembalut tipis sangat nyaman dan mengurangi rasa risihku selama memiliki wasir itu.

Buah? Kenapa buah? Ya, selanjutnya aku akan menjelaskan solusi yang aku pilih hingga saat ini : diet serat tinggi.

Diet Serat Tinggi

Aku masih baru.

Bisa dibilang termasuk orang yang plin-plan dalam pola makan, aku pernah menjadi vegetarian 6 bulan, vegan 6 bulan, diet kalori rendah dan diet serat rendah. Sejujurnya, selama menjadi vegetarian dan vegan, kondisi pencernaanku paling sempurna namun aku masih belum yakin bahwa aku bisa kembali lagi ke pola makan itu. Walaupun aku cinta buah dan sayur yang merupakan kemudahanku dalam menjalani diet serat tinggi seperti sekarang ini tetapi aku juga menyukai makanan dan minuman manis terutama kopi, teh, susu beserta produk susu lainnya seperti es krim, kue, biskuit dan lain-lain.

Diet serat tinggi yang aku jalani saat ini berupa :

Mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya

Menghindari kafein sebisa mungkin, walaupun aku cukup payah disini namun sekarang aku membatasi asupan kopi atau teh menjadi maksimal satu gelas berukuran sedang.

Menghindari susu atau produk susu sebisa mungkin, cukup payah juga disini tapi aku membatasi … maksimal satu produk per harinya.

Menghindari makanan diproses kecuali roti gandum, oatmeal dan sereal, jumlah yang aku konsumsi pun lebih sedikit daripada asupan sayur dan buahku dalam sehari.

Aku bisa memakan cemilan kurang sehat seperti popcorn dan rumput laut dibungkus namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan sayur dan buah per hari.

Aku mulai mencari pilihan cemilan lainnya misalnya tauwa atau pudding terbuat dari kedelai dengan kuah jahe? Kacang kuah yang berupa kacang hijau dan kacang rebus dengan sedikit santan? Bubur kacang hijau dan ketan hitam dengan santan dan gula serta jus buah, iya, dengan gula pasir. Memang tidak terlalu sehat tetapi itu pilihan darurat di sore hari.

Aku masih makan daging babi, ayam dan ikan namun cukup berhasil membatasi diri dengan memakannya kurang dari satu potong per hari.

Air dengan suhu ruangan sekitar 1 – 2 liter per hari, tergantung aktivitas hari itu.

Tambahan diet serat tinggiku adalah Yakult (tidak setiap hari) walaupun minuman tersebut masih menjadi kontroversi dan suplemen kesehatan klorofil merk CNI yang telah dikonsumsi Papaku selama 20 tahun lebih setiap hari.

Meskipun aku suka buah durian… Buah-buah yang dominan kumakan dalam diet ini adalah jeruk, pisang, dan pepaya. Kadang-kadang alpukat dan buah pir.

Menurutku, masih jarang ya.. Orang memakan buah dalam bentuk utuh di tempat umum? Maksudku, mengupas dan memakan buah jeruk di depan banyak orang… Rasanya masih jarang terlihat… Kecuali buah-buah di dalam es atau makanan penutup lainnya…

Yang disayangkan adalah sebagian orang mungkin menganggap pola makan ini aneh karena tidak memakan banyak nasi atau mie/mee/mi seperti orang Indonesia pada umumnya…

Efek dari diet serat tinggi adalah …

Aku menganggapnya seperti seseorang yang minum air terlalu banyak hingga kesulitan menahan rasa kebelet pipisnya? Ya, seperti itu. Pencernaan memang lancar namun benar-benar bisa terasa mules kebelet itu hingga membangunkan orang dari tidur pagi………………………. Ya, tidak apa-apa lah..

Alternatif murah dan efektif lain adalah minuman susu kedelai merk NASA dari Yogyakarta~ I love it.

O ya, terlalu banyak serat juga tidak bagus karena tubuh kita membutuhkan mineral atau zat-zat lainnya yang membutuhkan waktu untuk diserap sehingga serat bisa mengurangi kemampuan tubuh kita untuk menyerap zat-zat tersebut. Bahkan terlalu banyak hal yang baik bisa berakibat buruk…

Pada akhirnya, apapun yang kita pilih, kita lah yang akan menanggungnya jadi, ambilah keputusan yang ingin kita pertanggung-jawabkan.

Aku yakin kita takut karena tidak tahu banyak mengenai sesuatu maka cari tahulah sebanyak-banyaknya.

 

 

ini solusi dari upline Oriflame ku,

Pagi2 mau curhat dl boleh yaa ..
Lulu ini pny mslh sistem metabolisme ..
Yg biasanya orang umumnya BAB tu minimal 1x shari , kl lulu 1x sminggu aja uda bahagia bngt 😌😌
Katanya makan sayur sama buah bisa mengatasi masalah lulu .. tapi hasilnya sama aja ..
Dl srg nya minum obat pencahar buat mengatasi mslh ini ..
Karena sadar obat pencahar itu g bagus kl keseringan dikonsumsi akhirnya ya mslh susah BAB itu masi menghantui lulu ..
Sekarang , semenjak join oriflame , td nya nyobain Nutrishake ini buat nurunin berat badan stlh melahirkan .. alhamdulillah berhasil turun 4kg dalam sbulan , tapi abis tu lsg naik lagi gr2 hamil lagi 😅😅
Tapiiii .. yg mau lulu garis bawahi disini adalah .. semenjak minum Nutrishake , lulu uda g pernah lg minum obat pencahar .. karena smnjk mengkonsumsi Nutrishake stiap hari skr lulu BAB na uda lancar bngt 😍😍
Jadi , pesan moralnya adalah .. Buat kamu kamu kamu yg mau nurunin berat badan dan skr pny sistem metabolisme yg kurang bagus , yuk cobain minum nutrishake 😝😝
‪#‎testimoniNutrishake‬
‪#‎oriflameID‬

Source : Facebook Lulu Meyza

 

About Lia Agustine

PRODUK KOREA dan LOKAL INDONESIA SHOPEE @putri_agustina TOKOPEDIA : Miracle Garage Kode voucher [FREESAMPLE] ‌tulis atau chat kode voucher untuk setiap orderan Instagram : soberandpositive BBM : 748A0D51 Facebook : Taman Kosmetik Line/Whatsapp : 081235164225 Email : Gialastuin@gmail.com

One response »

  1. Pemilik Blog says:

    yang penting tetep pola hidup sehat… dan banyak kok sekarang obat herbal wasir yang bener-bener membantai wasir tanpa operasi

Comment Here

